Selasa, 19 April 2016

Abon Usman NUDI

RIWAYAT ULAMA ACEH

         Dayah Nahrul Ulum Diniyah Islamiyah (NUDI) beralamat di desa Mee, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara. Dayah NUDI dipimpin oleh Tgk. H. Usman Ishaq (Abon Usman NUDI) merupakan ulama ahli tauhid dan ahli fikih alumni dayah BUDI Lamno.
Riwayat singkat ulama dayah ini merupakan kisah guru (gure) yang patut menjadi contoh teladan. Ulama merupakan pewaris para Nabi yang sangat berjasa dalam menyebarkan syiar Islam di seluruh penjuru muka bumi. Riwayat singkat ulama pimpinan dayah NUDI ini ditulis untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan sejarah Islam. Serta sebagai dokumentasi sejarah yang ditulis berdasar data dan fakta.
        Sejarah dayah NUDI juga ditulis dalam rangka menumbuhkan semangat menulis bagi para santri dayah (pesantren), karena menulis merupakan tradisi intelektual Muslim yang harus dipertahankan. Menulis merupakan kegemaran ilmuan Muslim yang perlu diwariskan kepada generasi muda Islam di masa yang akan datang agar kejayaan Islam yang sudah mengakar tidak punah seiring perkembangan zaman. Salah satu cara mengikat dan merangkai ilmu adalah dengan menulis, karena menulis merupakan tradisi mengikat ilmu dengan pena. Oleh karena itu maka kiranya perlu diberikan suatu motivasi menulis bagi generasi muda Islam khususnya santri dayah. Dalam rangka meningkatkan pemahaman serta menumbuhkan kreativitas dalam menulis sebagai tradisi intelektual Muslim.
Kemegahan Aceh tempo dulu itu disebabkan karena kegemaran ulama dan cendekiawan Muslim yang gemar menulis kitab dan buku. Penulis Aceh termasyhur dulu kala rata-rata merupakan lulusan dayah sebagai pusat pendidikan Islam tertua di Aceh dan nusantara. Beberapa ulama Aceh yang dikagumi dunia yang namanya harum sampai ke seluruh penjuru dunia antara lain adalah Teungku Chik Awee Geutah dan Abu Tanoh Abe. Itulah beberapa sosok ulama Aceh penulis kitab yang sangat berjasa dalam penyebaran syiar Islam.

Tgk. H. Usman Ishaq (Abon Usman NUDI)
 Pimpinan Dayah Nahrul Ulum Diniyah Islamiyah (NUDI)
Kec. Meurah Mulia, Kab. Aceh Utara
Tgk. Mulyadi dan Tgk. H. Usman Ishaq 
(Abon Usman NUDI) di Mekkah sedang Umrah, tahun 2016








Sumber foto: Kiriman Tgk. Mulyadi dari Mekkah Arab Saudi, tanggal 18 April 2016.
Penulis: Hamdani, S.Pd. alumni dayah NUDI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.