Rabu, 18 April 2018

Novel Pengantin Surga, Balada Jamaah Haji yang Berlayar Bersama Tsunami


Sebuah karya sastra kadang kala lahir dari gejolak jiwa, adakalanya sebuah karya juga lahir ke ranah publik terinspirasi dari bencana. Begitupun tsunami yang melanda Aceh, tanah Serambi Mekkah pada 26 Desember 2004 menginspirasi penulis untuk mencatat berita duka serta tangis air mata dalam sebuah buku.
Novel Pengantin Surga merupakan sebuah karya sastra yang merekam kisah pilu para korban tsunami Aceh dalam wujud sebuah buku, ditulis oleh Hamdani Mulya putra kelahiran tanah Pasai/Pase, Aceh Utara 10 Mai 1979. Novel Pengantin Surga ditulis dalam kurun waktu yang panjang dan berliku.
Novel ini merupakan karya perdana Hamdani Mulya dalam bentuk novel. Sebagai seorang guru Hamdani menuangkan nilai sejarah, pendidikan, serta pesan moral lainnya dalam karyanya tersebut. Ia mencoba mengajar dalam bentuk buku. Sebelumnya Hamdani juga telah berhasil menggores pena di lembaran buku berjudul Bahasa Indatu Nenek Moyang Ureueng Aceh diterbitkan oleh Afkaribook, Banda Aceh.
Novel yang diterbitkan oleh Maghza Pustaka Yogyakarta tersebut meluncur pada bulan April 2018. Semoga menjadi dokumenter sejarah manusia, sejarah Aceh yang pernah didera luka. Namun dibalik bencana itu, tentu ada hikmahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.